Marah Atau Emosi Adalah Pokok Berbagai Kejahatan (Nadirsyah Hosen)

CATATANPENA.COM - Marah atau emosi adalah pokok berbagai kejahatan, dan menahan diri darinya adalah pokok segala kebaikan.

Kita sepatutnya berpikir jernih sebelum mengambil keputusan, termasuk ketika bereaksi terhadap sesuatu di medsos. Jangan emosi dan jangan marah. Sehingga terhindar dari pernyataan yang dipengaruhi hati yang sedang tidak dalam keadaan baik.

Apalagi bagi hakim, yang Rasulullah melarang untuk memutus perkara ketika dalam keadaan marah.
Sebenarnya siapapun bila dalam kondisi marah atau panik maka akalnya terselimuti emosi yang dapat mempengaruhi kapasitas, kapabilitas, dan profesionalitas dalam mengambil keputusan, yang bisa berdampak luas dan memiliki konsekuensi panjang. Keruhnya akal pikiran juga biasanya berdampak pada buramnya hati kita.

Karena itu, hindari marah. Hindari emosi. Jika dapat menahan diri dari marah, itu adalah pokok kebaikan.

Sahabat catatanpena, tulisan diatas adalah ungkapan pemikiran seorang Nadirsyah Hosen. Dari penjelasan beliau, dapat kita ambil pelajaran penting. Bahwa emosi dan marah, tidak akan pernah membawa kebaikan. justru sebaliknya, hanya akan membawa keburukan.

Tentunya kita bisa bercermin dari diri kita sendiri. Pastinya kita pernah berada di satu titik yang sama dengan apa yang dijelaskan oleh Nadirdah Hosen pada tulisan diatas. Ketika emosi dan marah menguasai diri kita, mengabil alih nalar dan logika kita, maka yang munjul hanyalah kebodohan.

Dan harusnya kita malu, karena itu artinya, kita tidak mampu mengontrol diri kita.

Ingatlah, Allah menciptakan kita dengan anugerah akal. Lalu, apakah kita akan kehilangan akal hanya karena bisikan setan? sungguh kita benar-benar merugi jika kita kalah. Kalah dari perang di dalam diri kita.

Untuk itu, dekatkanlah selalu diri kita dengan Sang Pencipta. Pasrahkan hidup kita, supaya jiwa kita tenang dan tidak mudah dipenuhi oleh sifat amarah.

Dan kita bisa menjadi jiwa-jiwa yang tenang, dan selalu tersenyum dalam keadaan apapun. Karena kita memiliki pegangan hidup. yaitu Allah Swt. Semoga Allah selalu menjadikan kita orang-orang yang sabar. Semoga bermanfaat.


Dikutip dari laman facebook Nadirsyah Hosen

Post a Comment for "Marah Atau Emosi Adalah Pokok Berbagai Kejahatan (Nadirsyah Hosen)"