Agar Shalat Menjadi Khusyu dan Nikmat



CATATANPENA.COM - Shalat adalah salah satu cara untuk kita umat Islam bisa memasrahkan diri kepada Allah SWT. Namun tak jarang, banyak dari umat Islam yang tidak bisa khusyu' dan tidak mendapatkan kenikmatan dalam sholatnya. Lalu bagaimana cara kita mendapatkan kenikmatan dan kekhusyukan dalam sholat?

Nah, itulah pertanyaan yang sering muncul dalam benak saya. Karena tak dipungkiri, sholat terkadang hanya dilakukan sebatas ritual. Akibatnya, kita tidak bisa merasakan khusyu dan kenikmatan sholat. Lebih parahnya lagi, banyak umat Islam berprinsip yang penting sebagai orang Islam kita sudah sholat.

Kalau itu yang ada dalam pikiran dan prinsip hidup kita, maka sampai kita menemui ajal tak akan pernah merasakan yang namanya kenikmatan sholat.

Oleh sebab itu, hal yang harus kita sadari adalah sholat itu merupakan perkara wajib dan penting bagi umat Islam. Dan masih banyak dari kita yang  sulit untuk melaksanakan ibadah sholat dengan khusyu dan tenang. Untuk bisa mencapai kekhusyuan dalam sholat memang tidaklah mudah.

Dari Mu’adz bin Jabal, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Inti (pokok) segala perkara adalah Islam dan tiangnya (penopangnya) adalah shalat. (HR. Tirmidzi).


Mengingat sangat pentingnya ibadah sholat, maka sebagai umat Islam tidak seharusnya kita melaksanakan ibadah sholat dengan asal-asalan. Dalam mengerjakan ibadah sholat, hati kita harus ikhlas dan khusyu bersujud dan menghadap Allah SWT. Jangan hanya melaksanakan sholat untuk sekedar menggugurkan kewajiban saja.


Bagaimanakah Cara Mencapai Ke-khusyu dalam Sholat?

Banyak dari kita umat Islam yang masih sangat sulit untuk melaksanakan ibadah sholat dengan khusyu. Untuk kita bisa mencapai kekhusyuan dalam sholat memanglah tidak mudah.

Namun, dengan terus mencoba fokus dan ikhlas dalam sholat serta memasrahkan diri sepenuhnya dalam sholat, pasti sedikit demi sedikit kita bisa merasakan betapa nikmatnya menghadap Sang Pencipta dalam sholat.

Bukankah Allah SWT sudah berfirman, 

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya (Q.S Al-Mu’minuun: 1-2).
Berikut ini adalah cara mencapai ke-khusyukan dalam sholat agar ibadah sholat Anda bisa menjadi lebih nikmat dan bermakna.

1. Mengikuti Tata Cara Sholat dengan Benar

Kerjakanlah sholat secara benar karena ketika Anda ingin mengerjakan ibadah sholat dengan khusyu, maka Anda harus mengerjakan sholat sholat sesuai dengan tuntunan yang diajarkan agama, dikerjakan dengan tuma’ninah, tidak tergesa-gesa, dan dengan niatkan dengan ikhlas.

2. Memahami Arti Bacaan Shalat

Ketika Anda memahami arti dan makna dari bacaan sholat, Anda bisa mengerti dan menghayati setiap bacaan dan pikiran Anda bisa lebih focus dalam sholat.
 

3. Fokus Saat Sholat

Tingkatkan fokus dan konsentrasi Anda saat melakukan shalat wajib, tujukan pandangan kepada tempat Anda sujud. Usahakan selalu fokus dan tahan diri untuk melirik atau menengok ke arah lain. Yang lebih penting adalah ketika sholat, Anda harus benar-benar merasakan bahwa Anda sedang Menghadap Dzat yang Maha Kuasa, Allah SWT.

4. Sholat di Lingkungan yang Bersih

Dengan menjalankan ibadah sholat di tempat yang bersih, tidak berbau, nyaman dan tenang akan membuat Anda merasa tenang dan nyaman saat melaksanakan sholat.

5. Anggap Ini Sebagai Shalat Terakhir

Anggaplah ini sebagai ibadah sholat yang anda terakhir Anda lakukan di dunia. Karena setiap manusia maupun jin tidak ada yang dapat mengetahui secara pasti apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Salah satunya adalah hari kematian, karena hanya Allah SWT yang mengetahuinya.

Dengan Anda selalu mengingat kematian saat sholat, maka Anda bisa lebih konsentrasi dalam menjalankan ibadah sholat.

5 hal diatas adalah cara bagaimana Anda bisa mencapai ke-khusyukan dalam sholat. walaupun itu tidak mudah, saya yakin Anda bisa dan lambat laun Anda akan mulai merasakan ke-khusyukan sholat dan betapa nikmatnya sholat itu. @mrjudie_

2 comments for "Agar Shalat Menjadi Khusyu dan Nikmat"