Mencari Kenyamanan Diri

CATATANPENA.COM - Kenyaman diri selalu didambakan banyak orang, karena kenyamanan dapat membawa ketenangan.

Kenyaman diri adalah sebuah pencarian untuk diri sendiri. Maka, tidak ada kenyaman yang bisa didapatkan melainkan meninggalkan segala apa yang bukan urusan kita.

Kerendahan dalam diri seseorang dapat diketahui dengan banyaknya pembicaraan mengenai hal-hal yang bukan urusannya. Namun dengan penuh semangat menjadikan itu bahan pembicaraan dan pemberitaan.

Dan segala hal yang ditanyakan kepadanya dijawab dan menjadi pemberitaan tanpa bertabayun dan mengetahui fakta sebenarnya. Dan lambat laun akan menjadikan beban.

Bukankah dengan membebani diri pada hal-hal yang sebenarnya bukan urusannya (kepentingannya), pastilah akan menjadikan  segala yang menjadi urusannya akan terlewat.

Lalu, hal apa yang dapat menjadi pengganggu kenyamanan diri kita?

Sejelek-jeleknya seseorang adalah yang tidak percaya kepada siapapun karena selalu berprasangka buruk dan orang tidak akan percaya kepadanya karena kesan yang selalu buruk.

Barangsiapa yang dapat menahan diri dari mencampuri urusan orang lain pastilah dia tidak akan dianggap buruk dan niscaya pendapatnya dapat diterima banyak orang.

Untuk itu, tinggalkanlah perkataan yang sebenarnya tidak engkau ketahui. Janganlah sekali-kali kita dikuasai buruk sangka karena berburuk sangka tidaklah meninggalkan suatu kedamaian.

Buruk sangka mematikan hati nurani, mudah mencurigai orang yang terpercaya, menjadikan kawan yang ramah menjadi asing dan persaudaraan akan rusak.

Maka, alangkah bagusnya jika kita berbaik sangka karena dengan berbaik sangka, hati kita tidak dibebani dengan hal-hal yang sebenarnya hanyalah ada di fikiran kita. Sehingga kenyaman diri bisa kita dapatkan. _better

Post a Comment for "Mencari Kenyamanan Diri"