6 Cara Melupakan Masa Lalu

CATATANPENA.COM - Hidup, adalah sebuah perjalanan. Perjalanan seseorang melewati garis waktu menuju masa depan dan meninggalkan masa lalu. Namun, tidak semua orang bisa meninggalkan masa lalu yang mengakibatkan seseorang akan sulit untuk menggapai masa depan.

Tidak dapat dipungkiri, terkadang ada momen dalam hidup kita yang sangat menyakitkan dan itu membekas dalam otak dan fikiran, walaupun sudah lama berlalu tapi rasanya masih sangat sakit. Tentunya kita ingin agar dapat melupakan masa lalu yang menyakitkan itu supaya tidak membebani kita untuk melangkah ke masa depan. Dan kita hanya akan berkutat dengan masa lalu. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk dapat melupakan masa lalu?

1. Kita harus menguatkan tekad, inilah saatnya untuk melupakan masa lalu.

Hal yang paling sulit dilakukan adalah membuat sebuah keputusan untuk kita melangkah maju dan melepasakan masa lalu. Ini butuh tekad yang kuat supaya hati dan fikiran kita tidak melemah.

Yang harus kita sadari adalah, kita hidup untuk masa depan dan bukan untuk masa lalu. Mungkin akan sangat sulit, tetapi yakinlah bahwa kita mampu untuk melupakan dan berdamai dengan masa lalu.

2. Jujurlah pada diri kita sendiri 

Jujur pada diri sendiri berarti kita harus menerima masa lalu menjadi bagian hidup kita. Mungkin akan sulit untuk melupakan, tapi setidaknya kita dapat berdamai dengan masa lalu.

Jika kita bahagia, jujurlah. Kita marah, jujurlah dan bahkan ketika kita sangat terluka, maka jujurlah pada diri sendiri. Karena dengan jujur pada diri sendiri, kita dapat menerima kenyataan hidup.

Lalu ekspresikanlah apa yang kita rasakan, apapun yang terjadi kita harus benar-benar mengespresikan agar kita lebih lega dan bisa benar-benar melupakan masa lalu. Jujur adalah hal yang penting, biarkan semua keluar dari hati dan fikiran kita

3. Percaya pada diri sendiri 

Rasa sakit hati, penderitaan dan amarah adalah bagian dari kehidupan yang kita jalani. Percayalah pada diri kita sendiri bahwa kita dapat mengatasi itu semua. Percayalah kalau Anda dapat mengatasi masalah Anda lebih cepat dari orang lain.

Yang perlu Anda pastikan adalah Anda tahu apa yang harus Anda lakukan. Karena saat Anda percaya diri dan tahu apa yang harus dilakukan, maka getaran positif dalam diri Anda akan muncul sehingga mempu melupakan masa lalu Anda yang buruk.

4. Memaafkan diri Anda dan orang lain

Di masa lalu mungkin Anda sudah melakukan kesalahan. Maka Anda dapat mulai dengan meminta maaf, hibur diri Anda dan maafkanlah diri Anda sendiri. Jika orang disekitar Anda, teman, saudara pernah menyakiti Anda di masa lalu, maka belajarlah untuk dapat memaafkan walaupun itu sulit dan butuh waktu.

Namun yakinlah, bahwa dengan memaafkan maka Anda dapat sedikit demi sedikit melepaskan beban masa lalu Anda dan dapat terus melangkah maju untuk menemukan kebahagiaan Anda.
 
5. Buang segala kemarahan, kekecewaan dan kebencian 

Rasa marah,benci dan kecewa ibarat racun dalam kehidupan. Rasa ini akan tertanam dalam hati dan pikiran sehingga membuat Anda terjebak di masa lalu. Dengan melepasakan rasa marah, kecewa dan kebencian akan membantu Anda untuk memunculkan getaran positif. Dan sikap kita juga akan menjadi positif.

Kalau sikap dan cara berfikir kita positif, kita dapat membuang semua amarah dan kebencian itu. Kalau ingin teriak maka teriaklah, ingin berlari maka berlarilah selama hal itu tidak membuat Anda menyakiti orang lain.

6. Sadarilah bahwa Anda sudah melakukan yang terbaik 

Sudut pandang dan persepsi Anda akan sangat berpengaruh dalam membentuk perasaan dan tindakan Anda. Apalagi jika banyak sekali intervensi, masukan dan pendapat dari orang disekitar, itu bisa sangat mempengaruhi Anda.

Anda harus paham betul bahwa masa depan ada ditangan Anda sendiri, maka cara Anda menanggapi dan menyelesaikan persoalan di masa lalu akan sangat membantu Anda dalam mengambil keputusan di tindakan di masa depan.

Jika di masa lalu Anda merasa menyesal dengan keputusan dan tindakan yang dilakukan, maka Anda harus dapat menerima itu sebagai  sebuah keputusan dan tindakan yang terbaik pada saat itu. Jika masih ada yang mengganjal, maka selesaikanlah dengan lebih baik lagi dan dengan cara pandang yang berbeda.

Jika Anda mengakui dan menerima fakta tersebut, itu artinya Anda juga akan belajar bahwa segala upaya yang Anda lakukan tidak pernah sia-sia. Ini akan membuat Anda tetap semangat dan termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik di masa depan.

Ingatlah, bahwa usaha Anda tidak akan pernah sia-sia, semua akan ada hasilnya. Cara pandang kitalah yang membatasi hasil tersebut. Karena cara pandang kita menentukan kepuasan kita terhadap hasil. Semoga bermanfaat. @mrjudie_

Post a Comment for "6 Cara Melupakan Masa Lalu"