Apakah Tujuan Hidup Anda



CATATANPENA.COM - Tujuan hidup adalah elemen penting kehidupan. Karena manusia yang memiliki tujuan hidup akan memiliki semangat menjalani kehidupan.

Malam semakin larut dan air hujan mulai turun. Suasanapun menjadi syahdu. Kesyahduan malam ini membuat saya berfikir tentang tujuan hidup saya selama ini.

Mungkin Anda pernah mengalami seperti yang saya alami. Mencoba bertanya dan memaknai arti kehidupan.

Apakah yang menjadi tujuan hidup Anda? Apakah Anda sudah merasa bahagia dengan kehidupan yang Anda jalani hari ini? Jika masih ada keraguan dan Anda merasa sedih saat bergumul dengan pertanyaan-pertanyaan ini, semangat hidup mungkin sudah hilang dari hidup Anda.

Ya, itulah yang sedang saya alami saat ini. Saat saya mempertanyakan tentang tujuan dan makna hidup saya, ada hal yang saya sadari. Saya telah kehilangan "sesuatu" yang membuat saya ingin bangun di pagi hari. Saya kehilangan semanangat untuk melakukan hal-hal yang bisa saya capai sehingga hidup saya bisa merasa berharga.

Sayapun mulai mencari dan berfikir betapa pentingnya sesuatu yang bisa membakar semangat saya di pagi hari. Mengapa ini sangat penting?

Karena saat kita tidak memiliki "sesuatu" yang membuat kita ingin segera bangun pagi, maka kita seperti tidak memiliki tujuan hidup, berkeliaran dan berjalan tanpa tujuan. Dan semua terasa seperti menyia-nyiakan hidup kita dan pada akhirnya kita menjadi tertekan, cemas bahkan mungkin menjadi sakit hati.

Saya yakin Anda pernah berada di fase seperti itu. Atau bahkan saat ini adalah fase Anda? Lalu, apakah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

1. Apa Yang Anda Sukai

Cobalah Anda mengidentifikasi "sesuatu" yang menjadi semangat (mood) Anda di pagi hari. Apakah yang Anda sukai? Pekerjaan seperti apa yang membuat Anda bahagia? Hal apa yang dapat Anda lakukan secara berkesinambungan untuk waktu yang lama tanpa Anda merasakan bosan dan lelah.

Segala aktivitas yang Anda sukai tentu akan menentukan minat Anda dan dapat membantu Anda mendapatkan ide-ide. Bisa jadi Anda menyukai banyak hal sehingga tidak cukup hanya dengan menyukai sebagian saja.

2. Apa yang Anda kuasai?

Selanjutnya adalah menemukan sesuatu yang Anda kuasai saat ini. Di bidang mana Anda akan mendapatkan hasil yang sangat baik? Apa yang membuat Anda diakui dan dipuji dalam pekerjaan? Lalu, terkait dengan apa prestasi Anda?

Anda dapat mempertimbangkan apa yang Anda sukai dan kuasai.

3. Anda dibayar Untuk Apa?

Kehidupan terkadang memaksa Anda untuk mendamaikan antara keinginan dengan kemampuan di dunia nyata. Anda harus realistis. Kemampuan Anda akan menentukan keberhasilan dan pencapaian keinginan Anda.

4. Apa yang dibutuhkan dunia kedepan?

Inilah pertanyaan yang sering Anda dan saya abaikan. Apakah yang dibutuhkan dunia? Apakah kemampuan Anda dapat memberikan apa yang dibutuhkan dunia?

Anda dapat mempertimbangkan, apakah keinginan Anda atau apa yang Anda kuasai dapat menjadi tujuan hidup Anda?

Mungkin saja Anda bisa berkontribusi melalui seni atau karya satra yang membawa nilai bagi masyarakat sehingga bisa membawa dampak positif.

Setiap orang harus memiliki tujuan hidup karena dengan memiliki tujuan hidup, Anda bisa menikmati kehidupan. Hidup adalah elemen penting yang harus di nikmati.

Tujuan hidup adalah jalan menuju kehidupan yang lebih memuaskan. Itu semacam pembangkit semangat yang akan membantu Anda bangun dari tempat tidur setiap pagi, merasa hidup Anda penuh dengan tujuan dan makna. _better

Post a Comment for "Apakah Tujuan Hidup Anda"