Bagaimana Menjadi Lebih Bisa Beradaptasi

CATATANPENA.COM - Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berbeda, perubahan tak terduga baik orang atau keadaan sangat penting untuk pertumbuhan dan kesuksesan pribadi Anda. Ingatlah, berkat kemampuan beradaptasi yang tinggi, para pemimpin tetap kuat, relevan, dan optimis selama masa-masa sulit.

Terlepas dari situasinya, para pemimpin bertujuan untuk membentuk lingkungan baru mereka dan mengubah kegagalan mereka menjadi peluang.

Sebagian orang mungkin bisa beradaptasi, namun sebagian lagi juga tidak bisa beradaptasi dengan orang baru atau lingkungan yang baru.

Nah, jika Anda termasuk orang yang sulit untuk beradaptasi dengan sesuatu yang baru, berikut beberapa langkah kecil yang bisa Anda coba agar menjadi lebih mudah beradaptasi dalam hidup.

1. Berhenti merengek

Apa yang Anda lakukan ketika sesuatu yang buruk terjadi? Katakan, "Aku akan menanganinya" atau "Tuhan, ini akhir dunia dan hidupku" ?

Sebagian besar orang mulai merengek begitu mereka berada dalam situasi yang sulit. Itu tidak salah karena itu adalah reaksi spontan akan kekecewaan dan itu normal. Tetapi, reaksi ini sebaiknya tidak mengarah ke mana-mana.

Jika Anda salah satunya yang sering melakukan reaksi merengek ketika sedang dalam keadaan sulit, jangan diam saja. Belajarlah untuk menerima situasi, beradaptasi dengannya, dan maju terus.

2. Tidak ada "benar" dan "salah"

Singkirkan keyakinan yang "salah" dari hidup Anda. Saya dulu percaya bahwa banyak hal yang "salah" dan harus dihindari, tetapi tidak demikian halnya jika Anda ingin sukses.

Bersikaplah berani untuk mencoba hal-hal yang dihindari orang lain. Sifat ini terbukti telah membantu banyak orang sukses membangun perusahaan, korporasi, dan kekayaan mereka.

3. Perbaiki mekanisme Anda mengatasi sesuatu

Cara Anda menangani masa lalu yang bersifat pribadi dan profesional dapat memengaruhi kesuksesan masa depan Anda secara signifikan.

Temukan cara Anda mengatasi dan pertimbangkan untuk mengubah beberapa aspek darinya.

Jika biasanya Anda mengganti strategi untuk mengatasi berbagai tantangan hidup, sekarang cobalah untuk terus maju, belajar dari kesalahan, dan coba lagi. Jangan lari dari mereka. Sebaliknya, ubah apa yang tidak berhasil dengan cara penanganan Anda.

4. Bersikaplah terbuka untuk berubah

Hal-hal baru tidak selalu berarti buruk. Tidak peduli bagaimana Anda mengambil bagian, perubahan membuat hidup kita lebih baik. Kecuali jika Anda melakukan sesuatu yang dapat merusak kesehatan dan kehidupan Anda secara keseluruhan.

Silakan bereksperimen dengan dunia spiritual, pribadi, dan profesional. Sehingga Anda akan memperoleh sesuatu yang baru, dan itu dapat membuat Anda lebih terbuka.

5. Terlibat dalam pembicaraan diri yang positif

Pembicaraan diri yang positif tidak berarti Anda duduk dan berbicara kepada diri sendiri setiap pagi atau sore. Namun, berbicara dengan diri sendiri secara positif sesekali dapat membantu Anda beradaptasi dengan perubahan apa pun dengan lebih cepat, terutama jika Anda tidak memiliki seorang pun untuk mendorong dan mendukung Anda selama masa sulit. 

6. Berpikir Besar

Anda dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi Anda dengan belajar untuk berpikir dengan kerangka yang lebih besar dan jangkauan yang lebih luas.

Terobos batasan yang telah Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri. Lepaskan mereka. Perluas wawasan Anda. Tetapkan tujuan yang realistis dan Anda tidak akan pernah merasa gagal.

Semua ini tidak hanya akan membantu Anda menjadi lebih mudah beradaptasi di masa depan, tetapi ini juga akan menunjukkan jalan menuju kesuksesan.

7. Jangan menyalahkan diri sendiri 

Orang yang dapat beradaptasi mengetahui kepribadian mereka dan mereka selalu menciptakan kembali diri mereka sendiri untuk beradaptasi. Mereka tidak menyalahkan diri sendiri atas kesalahan, kegagalan, penolakan, sifat dan keraguan. Mereka menyadari bahwa jika mereka tidak dapat mengubahnya, mereka harus menerimanya.

Menyalahkan diri sendiri atau orang lain hanyalah buang-buang waktu. Fokus pada peningkatan, bukan masa lalu.

8. Pelajari bagaimana menyeimbangkan hidup Anda

Mencoba sukses dalam semua aspek kehidupan itu bagus, tetapi Anda berisiko berakhir dengan perasaan sengsara jika terjadi kegagalan.

Ciptakan kehidupan yang seimbang, sebagai gantinya. Lagi pula, tidak mungkin untuk beradaptasi dengan semua perubahan dalam semua aspek kehidupan, tidak peduli seberapa kuat Anda.

Saat Anda seimbang, Anda merasa membumi, tenang, berpikiran jernih, terinspirasi, dan termotivasi. Luangkan waktu untuk melihat hidup Anda, dan cari tahu aspek-aspek yang Anda abaikan atau terlalu Anda perhatikan.

Anda tahu bahwa Anda berada dalam keadaan tidak seimbang ketika Anda tidak baik dan Anda berusaha keras untuk mengisi celah tersebut.

 

Nah sobat pena, berhentilah menunggu waktu yang tepat, tempat yang tepat, kesuksesan, kebahagiaan, uang, orang, apa saja. Berhenti menunggu. Dalam hal kemampuan beradaptasi, tidak ada momen yang "tepat". Karena kemampuan beradaptasi bukanlah bagian dari kesuksesan dan itu adalah bagian dari hidup. Jadi, untuk apa menunggu momen yang tepat. Mulailah dari sekarang. _red

Post a Comment for "Bagaimana Menjadi Lebih Bisa Beradaptasi"