Bagaimana Menjadi Orang yang Lebih Bertanggung Jawab? Lakukan 5 Cara Ini

bagaimana menjadi orang yang lebih bertanggung jawab

CATATANPENA.COM - Jika ada orang yang bertanggung jawab atas hidup Anda, itu adalah Anda sendiri dan bukan orang lain.

Nah sobat pena, ini adalah pola pikir yang harus Anda ikuti jika Anda menginginkan kepuasan hidup dan pencapaian sepanjang kehidupan.

Bagi sebagian individu, sangat mudah untuk beranggapan bahwa semua hal yang terjadi di sekitarnya  adalah kesalahan orang lain. Setiap masalah sebenarnya dapat diklarifikasi, mengapa mereka tidak dapat mempengaruhi suatu keadaan atau sebuah hasil?

Sebagai contoh di lingkungan pekerjaan. Banyak individu yang menyalahkan orang lain atau lingkungan atas kegagalannya dalam menyelaesaikan pekerjaan.

Bukankah itu sangatlah egois?

Dalam menelaah sebuah kegagalan atau permasalahan, harusnya kita dapat mengidentifikasi dengan baik dan jernih. Sehingga akan kita ketahui apa penyebab utamanya.

Bisa jadi justru kita sendirilah yang menyebabkan kegagalan itu. Tapi, apakah setiap individu bisa dan siap untuk bertanggung jawab?

Jawabannya adalah kiita harus bisa bertanggung jawab atas perbuatan kita dan hasil dari perbuatan kita. 

Jika Anda ingin menjadi orang yang lebih bertanggung jawab, maka ikuti aturan berikut.

Aturan Untuk Menjadi Orang Yang Bertanggung Jawab

1. Amati Pikiran Anda

Pikiran dan ide Anda mempengaruhi semua yang Anda lakukan atau tidak lakukan dan mempengaruhi rasa antusias Anda di awal. 

Semakin Anda senang mengamati pikiran Anda, semakin Anda akan menggerakkan diri untuk berpikir lebih baik untuk memastikan dan memberdayaan pikiran Anda.

Perhatikan suara di benak Anda. Pikiran negatif sangat kuat, dan itu dapat mengambil kendali atas otak Anda. Tetapi jika sesuatu yang buruk telah terjadi, bagaimana mengendalikan pikiran Anda dan tidak menyalahkan orang lain, berpikir positif adalah jalan yang harus ditempuh.

Jangan menyalahkan diri sendiri, pikirkan saat-saat dan situasi buruk yang telah berlalu, dan membuat Anda terforsir dengan hal itu. Itu semua tidak membuat perbedaan apa pun, jadi tidak ada gunanya mempedulikannya. Ubah pemikiran Anda menjadi pikiran yang akan membuat Anda tertawa.

2. Berhenti membuat Alasan

"Kamu hanya bisa memuaskan dirimu dengan suatu alasan, tapi tidak dengan dunia".

Alasan untuk suatu kekecewaan, penyesalan tentang keputusan dalam hidup, alasan tentang apa yang Anda yakini telah Anda capai dan apa yang tidak.

Membuat alasan daripada mengambil 100% tanggung jawab atas aktivitas Anda, pertimbangan Anda, dan tujuan Anda adalah tanda individu yang gagal untuk sukses dalam hidup.

Kapan pun Anda menemukan diri Anda sedang membuat alasan yang tidak tepat ,tidak masalah jika karena suatu pilihan yang buruk, bisnis yang gagal, atau hubungan yang bermasalah, ingatkan diri Anda dengan hati-hati dan tidak ada alasan lagi.

3. Menanggapi lebih baik daripada Reaksi

Anda dan kita semua pernah menjumpai kejadian-kejadian dalam hidup yang tidak terduga. Setelah beberapa waktu, Anda berfikir seharusnya menanggapi peristiwa itu dan mengelola secara berbeda daripada bereaksi spontan.

Terkadang bereaksi spontan itu di dasari keegoisan dan emosional, sehingga dapat berakibat buruk atau malah memperburuk suatu keadaan dan akhirnya membuat menyesal.

Kebiasaan yang memungkinkan Anda merespons dengan alih-alih bereaksi adalah berhenti sejenak sebelum mengatakan atau mencapai sesuatu pada titik apa pun saat Anda berada dalam keadaan sulit.

Momen tersebut dapat memiliki efek yang signifikan karena Anda akan memberi diri sendiri kesempatan yang sangat baik untuk mempertimbangkan pilihan yang berbeda.

Dengan kata lain berusaha memahami keadaan dan bisa berfikir jernih.

4. Pengorbanan membuat Anda menjadi orang yang lebih Bertanggung jawab

Hal utama lainnya yang akan menambah faktor Anda lebih bertanggung jawab dan mampu mengambil kendali atas diri Anda sendiri adalah saat Anda dapat berkorban untuk memberi manfaat bagi orang lain.

Saat Anda berkorban, faktor keegoisan akan dikeluarkan dan Anda keluar dari zona aman.

Ini membantu Anda untuk mengambil tanggung jawab dan keberanian untuk mengambil kendali atas perbuatan Anda. Ini pada akhirnya akan membuat Anda menjadi orang yang lebih bertanggung jawab.

5. Pengendalian diri itu penting

Jika Anda ingin menjadi orang yang lebih bertanggung jawab, cari tahu cara mengendalikan diri. Atasi emosi, perasaan, dan temperamen Anda. Berhati-hatilah untuk menilai dan memecah aktivitas dan perilaku Anda.

Ini mungkin ujian yang luar biasa. Namun, jika Anda memperolehnya, Anda dapat menguasai apa saja. Dengan cara ini, jangan pernah biarkan insting Anda menguasai apa yang Anda ketahui.

Kesimpulan

Menjadi orang yang bertanggung jawab tidaklah sulit. Yang Anda butuhkan hanyalah memahami aturan utama dan penting yang dapat membantu Anda menjadi orang yang bertanggung jawab.

Anda perlu memahami pikiran Anda, belajar menakut-nakuti jika diperlukan, dan tidak pernah fokus pada alasan. Alasan tidak pernah bisa membawa kesuksesan. _red

1 comment for "Bagaimana Menjadi Orang yang Lebih Bertanggung Jawab? Lakukan 5 Cara Ini"