10 Cara Ampuh Menguasai Disiplin Diri

CATATANPENA.COM - Mungkin sulit dipercaya saat Anda menghadapi pilihan makan es krim, cokelat panas atau kesempatan untuk tidur di dalam kamar dengan pilihan pergi ke gym, tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang disiplin diri lebih bahagia.

Orang dengan tingkat pengendalian diri yang lebih tinggi menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memperdebatkan apakah akan menuruti perilaku yang merugikan kesehatan mereka atau tidak dan dapat membuat keputusan positif dengan lebih mudah.

Mereka tidak membiarkan perasaan mendikte pilihan mereka. Sebaliknya, mereka membuat keputusan berkepala dingin. Alhasil, mereka cenderung merasa lebih puas dengan kehidupannya.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempelajari disiplin diri dan mendapatkan kemauan untuk menjalani hidup yang lebih bahagia. Jika Anda ingin mengendalikan kebiasaan dan pilihan Anda, berikut ini hal-hal paling ampuh yang dapat Anda lakukan untuk menguasai disiplin diri.

1. Ketahui kelemahan Anda.

Kita semua punya kelemahan. Apakah itu berupa camilan seperti keripik kentang atau kue chip atau teknologi seperti Facebook atau aplikasi game adiktif terbaru, semua itu memiliki efek yang sama pada kita.

Akui kekurangan Anda, apa pun itu. Terlalu sering orang mencoba berpura-pura bahwa kekurangan mereka tidak ada atau menutupi sandungan apa pun dalam hidup mereka. Akui kekurangan Anda. Anda tidak dapat mengatasinya sampai Anda melakukannya.

2. Hapus godaan.

Ada pepatah mengatakan, "berdirilah di luar pandangan dan diluar pikiran". Ini mungkin tampak konyol, tetapi kalimat ini memberikan nasihat yang ampuh. Dengan hanya menghilangkan godaan terbesar Anda dari lingkungan Anda, Anda akan sangat meningkatkan disiplin diri Anda.

Jika ingin makan lebih sehat, buang junk food ke tempat sampah. Jika Anda ingin meningkatkan produktivitas di tempat kerja, matikan notifikasi media sosial dan matikan ponsel Anda. Semakin sedikit gangguan yang Anda miliki, semakin fokus Anda untuk mencapai tujuan Anda. Siapkan diri Anda untuk sukses dengan membuang pengaruh buruk.

3. Tetapkan tujuan yang jelas dan buat rencana eksekusi.

Jika Anda berharap mencapai disiplin diri, Anda harus memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai. Anda juga harus memiliki pemahaman tentang apa arti sukses bagi Anda. Lagi pula, jika Anda tidak tahu kemana tujuan Anda, Anda akan mudah tersesat.

Sebuah rencana yang jelas menguraikan setiap langkah yang harus Anda ambil untuk mencapai tujuan Anda. Cari tahu siapa Anda dan tentang apa Anda. Buat mantra agar Anda tetap fokus.

4. Bangun disiplin diri Anda.


Kita tidak dilahirkan dengan disiplin diri – ini adalah perilaku yang dipelajari. Dan sama seperti keterampilan lain yang ingin Anda kuasai, ini membutuhkan latihan dan pengulangan setiap hari. Sama seperti pergi ke gym, kemauan dan disiplin diri membutuhkan banyak usaha. Upaya dan fokus yang dibutuhkan oleh disiplin diri bisa menguras tenaga.

Seiring berjalannya waktu, akan semakin sulit untuk menjaga kemauan Anda. Semakin besar godaan atau keputusan, semakin menantang rasanya untuk menangani tugas-tugas lain yang juga membutuhkan pengendalian diri. Jadi, berusahalah membangun disiplin diri Anda melalui ketekunan setiap hari.

5. Ciptakan kebiasaan baru dengan membuatnya tetap sederhana.

Mendapatkan disiplin diri dan berusaha menanamkan kebiasaan baru bisa terasa menakutkan pada awalnya, terutama jika Anda fokus pada seluruh tugas yang ada. Untuk menghindari perasaan terintimidasi, lakukan dengan sederhana. Pecah tujuan Anda menjadi langkah-langkah kecil yang bisa dilakukan. Alih-alih mencoba mengubah segalanya sekaligus, fokuslah pada melakukan satu hal secara konsisten dan kuasai disiplin diri dengan tujuan itu dalam pikiran.

Jika Anda mencoba untuk menjadi bugar, mulailah dengan berolahraga 10 atau 15 menit sehari. Jika Anda mencoba mencapai kebiasaan tidur yang lebih baik, mulailah dengan tidur 15 menit lebih awal setiap malam. Jika Anda ingin makan lebih sehat, mulailah dengan menyiapkan bekal makan siang pada malam sebelumnya untuk dibawa bersama Anda di pagi hari. Ambil langkah kecil. Akhirnya, saat Anda siap, Anda dapat menambahkan lebih banyak sasaran ke daftar Anda.

6. Makan sering dan sehat.

Perasaan lapar – sensasi marah, kesal, kesal yang Anda dapatkan saat lapar — adalah nyata dan dapat berdampak besar pada kemauan. Riset membuktikan bahwa gula darah rendah sering kali melemahkan tekad seseorang, membuat Anda pemarah dan pesimis.

Saat Anda lapar, kemampuan Anda untuk berkonsentrasi berkurang dan otak Anda tidak berfungsi dengan baik. Pengendalian diri Anda kemungkinan besar melemah di semua bidang, termasuk diet, olahraga, pekerjaan, dan hubungan. Jadi, isi bahan bakar dengan camilan sehat dan makanan rutin agar Anda tetap terkontrol.

7. Ubah persepsi Anda tentang kemauan.

Menurut sebuah studi oleh Stanford University, besarnya kemauan seseorang ditentukan oleh keyakinannya. Jika Anda yakin memiliki kemauan yang terbatas, Anda mungkin tidak akan melampaui batas itu. Jika Anda tidak membatasi pengendalian diri, kecil kemungkinan Anda akan kelelahan sebelum mencapai tujuan.

Singkatnya, mungkin saja konsepsi internal kita tentang kemauan dan pengendalian diri menentukan seberapa banyak dari mereka yang kita miliki. Jika Anda dapat menghilangkan rintangan bawah sadar ini dan benar-benar yakin Anda bisa melakukannya, maka Anda akan memberi diri Anda dorongan motivasi ekstra untuk mewujudkan tujuan tersebut.

8. Beri diri Anda rencana cadangan.

Psikolog menggunakan teknik untuk meningkatkan kemauan yang disebut "niat implementasi". Saat itulah Anda memberi diri Anda rencana untuk menghadapi situasi yang berpotensi sulit yang Anda tahu akan Anda hadapi. Misalnya, bayangkan Anda sedang berusaha untuk makan lebih sehat, tetapi Anda sedang dalam perjalanan ke pesta di mana makanan akan disajikan.

Sebelum pergi, katakan pada diri sendiri bahwa alih-alih menikmati sepiring keju dan biskuit, Anda akan menyesap segelas air dan fokus untuk berbaur. Menyusun rencana akan membantu memberi Anda pola pikir dan pengendalian diri yang diperlukan untuk situasi tersebut. Anda juga akan menghemat energi dengan tidak harus membuat keputusan mendadak berdasarkan keadaan emosi Anda.

9. Hadiahi diri Anda sendiri.

Beri diri Anda sesuatu yang membuat Anda bersemangat dengan merencanakan hadiah ketika Anda mencapai tujuan Anda. Sama seperti ketika Anda masih kecil dan mendapat suguhan untuk perilaku yang baik, memiliki sesuatu untuk dinantikan memberi Anda motivasi untuk sukses.

Antisipasi sangat kuat. Ini memberi Anda sesuatu untuk menjadi obsesi dan fokus, jadi Anda tidak hanya memikirkan apa yang Anda coba ubah. Dan ketika Anda mencapai tujuan Anda, temukan tujuan baru dan hadiah baru untuk membuat diri Anda terus maju.

10. Maafkan diri Anda sendiri dan maju terus.

Bahkan dengan semua niat terbaik dan rencana yang disusun dengan baik, terkadang kita gagal. Itu terjadi. Anda akan mengalami pasang surut, kesuksesan besar dan kegagalan yang menyedihkan. Kuncinya adalah terus maju.

Itulah tadi 10 cara ampuh untuk melatih kedisiplinan diri. mungkin akan susah untuk dilakukan pada awalnya, tapi percaya dan yakinlah pada diri Anda bahwa Anda bisa melakukan. _better

Post a Comment for "10 Cara Ampuh Menguasai Disiplin Diri"