Melatih Kebiasaan Bertindak (Action) Dalam Hidup Anda


Let's Be Happy - Tahukah sobat pena, mengapa mempraktikkan kebiasaan "Action" itu penting?

Menurut Saya, dalam hidup ini tidak ada yang datang dengan begitu mudah. Kita harus bekerja keras untuk berkembang dan bertahan dalam hidup ini.

Untuk memiliki kehidupan yang lebih memuaskan, lebih bahagia dan kehidupan yang sehat, kita harus tahu apa yang perlu kita lakukan dengan hidup kita.

Untuk mencapai tujuan kita, kita perlu termotivasi dan mengambil tindakan untuk mencapainya daripada tetap stagnan dan tidak melakukan apa-apa. Bisa dibayangkan kan seperti apa hidup kita nantinya. tanpa sadar waktu akan berlalu begitu cepat.

Saya pernah membaca dalam sebuah artikel bahwa  pada umumnya secara biologis kita terprogram untuk menghindari rasa sakit. Dan hal itulah yang membuat kita sulit untuk konsisten dalam mengambil tindakan, terutama pada hal-hal yang sulit. karena kita tidak terlatih untuk menghadapi hal-hal sulit.
Keinginan untuk menghindari rasa sakit adalah motivator yang lebih besar daripada keinginan untuk mendapatkan kesenangan - Tony Robbins
Lalu, bagaimanakah cara untuk mempraktikkan kebiasaan untuk melakukan "Action"?

Jika Anda mencari metode untuk membuat dan mempraktikkan kebiasaan melakukan "Action" maka kita berada pada tujuan yang sama. Karena saat ini Saya sedang berusaha untuk melatih diri melakukan "Action" daripada harus berdiam diri meratapi hidup.  Maka, inilah yang perlu kita lakukan:

1. Tuliskan

Pastinya ada ribuan hal yang ingin kita lakukan dalam hidup ini kan? ketika kita memikirkan semua hal sekaligus, pastinya itu bisa membuat Anda kewalahan dan stres pada saat yang bersamaan seperti yang saya alami saat ini.

Maka, pilih beberapa tindakan positif yang telah Anda rencanakan dalam situasi Anda saat ini dan fokuslah padanya. Ambil selembar kertas atau jurnal dan tuliskan daftar hal-hal yang sesuai dengan kondisi pikiran Anda saat ini.

Anggaplah kita kembali ke masa remaja yang senang menuliskan segala hal ke dalam jurnal atau catatan harian (diary).

2. Memecahnya

Setelah Anda membuat daftar hal terpenting yang ingin Anda lakukan saat ini, maka tandai 3 hal teratas yang Anda prioritaskan di antara daftar yang sudah Anda buat tadi. Fokus pada apa yang terasa paling penting dan krusial bagi Anda saat ini.

3. Fokuslah pada melakukan, bukan menghindar

Setelah Anda memutuskan untuk mengambil tindakan untuk satu hal terpenting dalam daftar yang Anda buat, persiapkan diri Anda untuk memulainya.

Berfokuslah untuk melakukan apa yang perlu Anda lakukan dengan mengambil langkah kecil-kecil dan membuat segala sesuatunya selesai dengan mudah untuk Anda.

Jika Anda merasa suka menunda-nunda atau ada faktor lain yang akan menjadi gangguan kebiasaan Anda untuk bertindak, Anda dapat mempraktikkan beberapa cara berikut untuk menghindari atau mengatasinya:
  • Blokir gangguan
  • Menjadi lebih sadar diri dan memotivasi diri sendiri dengan mengatakan "Anda harus memulai".
  • Hargai langkah kecil Anda karena telah mengambil tindakan
  • Optimalkan lingkungan Anda

4. Lihatlah sisi baiknya

Faktor negatif selalu menemukan cara untuk menyelinap ke dalam hidup kita dan mengguncang kita sampai ke intinya. Itu membuat kita takut akan hasilnya dan membuat kita berpikir berulang kali sebelum mengambil tindakan. Tapi, yang perlu Anda dan Saya lakukan hanyalah tetap fokus dan termotivasi untuk mengatasi awan gelap yang mungkin melayang-layang di kehidupan kita.

Ketika Anda melihat sisi baiknya setelah mengambil tindakan yang akan Anda capai, pikiran ini akan menarik lebih banyak hal positif di sekitar Anda. Pikiran yang positif akan menarik Anda keluar dari ketakutan akan kemunduran dan akan memotivasi Anda untuk mengembangkan kebiasaan bertindak. Seperti yang dikatakan Willie Nelson
Setelah Anda mengganti pikiran negatif dengan pikiran positif, Anda akan mulai memperoleh hasil yang positif.
Nah, setelah mengetahui 4 langkah diatas, lalu bagaimana cara kita memasukkan kebiasaan "Action" dalam kehidupan sehari-hari?

Untuk memasukkan kebiasaan melakukan "Action" dalam kehidupan sehari-hari Anda, inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Fokus pada prosesnya

Daripada menjadi kesal atau bertanggung jawab atas hasilnya, cukup fokus pada proses saat Anda mengambil tindakan. Jaga agar perhatian dan energi Anda terfokus pada satu target dan arah untuk bekerja lebih baik.

2. Ingat alasan mengambil tindakan

Ingatlah selalu mengapa Anda akan mengambil tindakan dan bagaimana hal itu akan menguntungkan Anda atau orang penting Anda dan betapa hal itu penting bagi Anda. Jangan sampai kehilangan jejak dan tetap fokus pada tindakan Anda.

3. Jangan menyakiti diri sendiri

Jangan melakukan apa pun secara berlebihan dan mengambil tindakan untuk apa yang membuat Anda merasa benar untuk diri sendiri dan harga diri Anda. Lakukan hal-hal seperti bersikap baik, efektif, dan itu membuat Anda merasa baik.

4. Ambil langkah kecil

Jika suatu saat Anda merasa hal yang lebih besar tampak menakutkan dan Anda tidak ingin melakukannya meskipun itu penting, mulailah dengan mengambil langkah kecil. Anda dapat menghabiskan waktu minimum untuk hal-hal yang membuat Anda terus bergerak alih-alih berhenti.

5. Hargai diri Anda sendiri

Anda merasa nyaman dengan diri sendiri dan hidup Anda saat Anda menghargai pekerjaan baik Anda. Anda dapat memperkuat kebiasaan tindakan Anda dengan menghargai upaya Anda sehari-hari dan menghargai apa yang Anda lakukan. _red

Post a Comment for "Melatih Kebiasaan Bertindak (Action) Dalam Hidup Anda"