8 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Meningkatkan Percaya Diri

CATATANPENA.COM - Sebagai individu, bangunlah kepercayaan diri dan visualisasikan diri Anda seperti yang Anda inginkan. Apa yang bisa dibayangkan dan dipercayai bisa Anda capai.

Visualisasi adalah melihat gambaran diri Anda yang Anda banggakan dalam pikiran Anda sendiri.

Ketika kita bergumul dengan kepercayaan diri yang rendah, kita memiliki persepsi yang buruk tentang diri kita sendiri yang seringkali tidak akurat.

Berlatihlah memvisualisasikan versi fantastis diri Anda untuk mencapai tujuan.

1. Tegaskan diri Anda.

Kita cenderung berperilaku sesuai dengan citra diri kita sendiri. Trik untuk membuat perubahan yang langgeng adalah dengan mengubah cara Anda memandang diri sendiri.

Afirmasi adalah pernyataan positif dan meneguhkan yang kita ucapkan kepada diri kita sendiri.

Ini biasanya lebih efektif jika diucapkan dengan lantang sehingga Anda dapat mendengar diri Anda sendiri mengatakannya.

Kita cenderung percaya apapun yang kita katakan pada diri kita sendiri terus menerus.

Untuk membuat otak Anda menerima pernyataan positif Anda lebih cepat, ucapkan afirmasi Anda sebagai pertanyaan seperti, "Mengapa saya begitu baik dalam membuat kesepakatan?" alih-alih "Saya sangat pandai membuat kesepakatan."

Otak kita secara biologis terhubung untuk mencari jawaban atas pertanyaan, tanpa menganalisis apakah pertanyaan itu valid atau tidak.

2. Lakukan satu hal yang membuat Anda takut setiap hari.

Cara terbaik untuk mengatasi rasa takut adalah menghadapinya secara langsung.

Dengan melakukan sesuatu yang membuat Anda takut setiap hari dan mendapatkan kepercayaan diri dari setiap pengalaman, Anda akan melihat kepercayaan diri Anda melambung.

Jadi, keluarlah dari zona nyaman Anda dan hadapi ketakutan Anda!

3. Tanyakan kritik batin Anda.

Beberapa komentar paling keras yang kita dapatkan berasal dari diri kita sendiri, melalui  "suara kritikus batin".

Jika Anda bergumul dengan kepercayaan diri yang rendah, ada kemungkinan kritik batin Anda menjadi terlalu aktif dan tidak akurat

Strategi seperti terapi perilaku kognitif membantu Anda mempertanyakan kritik batin Anda, dan mencari bukti untuk mendukung atau menyangkal hal-hal yang dikatakan kritikus batin Anda kepada Anda.

Misalnya, jika Anda merasa gagal, tanyakan pada diri sendiri, "Apa bukti yang mendukung pemikiran bahwa saya gagal?" dan "Apa bukti yang tidak mendukung pemikiran bahwa saya gagal?"

4. Siapkan diri Anda untuk menang.

Terlalu banyak orang yang putus asa tentang kemampuannya karena mereka menetapkan tujuan yang terlalu sulit untuk dicapai.

Mulailah dengan menetapkan tujuan kecil untuk diri Anda sendiri yang dapat Anda menangkan dengan mudah.

Setelah Anda membangun arus kesuksesan yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri, Anda dapat melanjutkan ke tujuan yang lebih sulit.

Pastikan bahwa Anda juga menyimpan daftar semua pencapaian Anda, baik besar maupun kecil, untuk mengingatkan diri Anda sendiri tentang saat-saat yang telah Anda lakukan dengan baik.

Alih-alih hanya berfokus pada daftar "yang harus dilakukan", saya suka menghabiskan waktu untuk merefleksikan daftar "Do It". 

Merenungkan pencapaian, proyek, dan sasaran utama yang telah Anda capai adalah cara yang bagus untuk memperkuat kepercayaan pada keterampilan Anda.

5. Bantu orang lain.

Membantu orang lain sering kali memungkinkan kita untuk melupakan diri kita sendiri dan merasa bersyukur atas apa yang kita miliki. Rasanya juga menyenangkan ketika Anda bisa membuat perbedaan untuk orang lain.

Alih-alih berfokus pada kelemahan Anda sendiri, menjadi sukarelawan untuk membimbing, secara praktis membantu atau mengajar orang lain, dan Anda akan melihat kepercayaan diri Anda tumbuh secara otomatis dalam prosesnya.

6. Jaga dirimu.

Kepercayaan diri bergantung pada kombinasi kesehatan fisik yang baik, kesehatan emosional dan kesehatan sosial.

Sulit untuk merasa nyaman dengan diri sendiri jika Anda membenci fisik Anda atau terus-menerus memiliki energi yang rendah.

Luangkan waktu untuk melatih kebiasaan olahraga, makan dan tidur yang baik. Selain itu, berpakaianlah seperti yang Anda inginkan.

Bangun kepercayaan diri Anda dengan berusaha memenuhi kebutuhan Anda sendiri.

7. Ciptakan batasan pribadi.

Belajar mengatakan tidak.

Ajari orang lain untuk menghormati batasan pribadi Anda. Jika perlu, ikuti kelas tentang cara menjadi lebih asertif dan belajar meminta apa yang Anda inginkan.

Semakin banyak kontrol dan katakan yang Anda miliki atas hidup Anda sendiri, semakin besar kepercayaan diri Anda.

8. Beralih ke mentalitas kesetaraan.

Orang dengan kepercayaan diri rendah melihat orang lain lebih baik atau lebih pantas daripada diri mereka sendiri. 


Alih-alih membawa persepsi ini, lihat diri Anda setara dengan semua orang. Mereka tidak lebih baik atau lebih layak dari Anda. 

Lakukan perubahan mental ke mentalitas kesetaraan dan Anda secara otomatis akan melihat peningkatan kepercayaan diri Anda. 

Itulah 8 hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda. Ingatlah sebagai individu, Anda harus membangun kepercayaan diri dan visualisasikan diri Anda seperti yang Anda inginkan. Apa yang bisa dibayangkan dan dipercayai bisa dicapai. Maka diri Anda akan merasa lebih baik. _better

Post a Comment for "8 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Meningkatkan Percaya Diri"