5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Pekerjaan Yang Baru

 

 

Memulai pekerjaan baru bisa jadi menakutkan. Di hari pertama, Anda mungkin merasa tidak mengenal siapa pun, bingung dengan cara kerja di sana, dan tidak tahu harus bersikap seperti apa.

Bagi kebanyakan orang, ini hanyalah sebuah awal. Memulai pekerjaan baru bisa memicu rasa cemas, perasaan tidak diterima, tidak cukup baik, atau kurang kompeten.

Namun, semakin cepat Anda menghadapi ketakutan itu, semakin cepat Anda bisa beradaptasi dan memberikan kontribusi.

Berikut adalah lima tips untuk mengatasi rasa gugup, mengurangi ketakutan, dan merasa lebih percaya diri di pekerjaan baru Anda:

1. Santai

Masuk ke pekerjaan baru dengan tubuh tegang dan kaku, tidak hanya akan membuat Anda stres, tetapi juga membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Anda bisa jadi bersikap ketus atau tidak ramah karena kondisi tersebut. Akibatnya, Anda akan sulit membuka diri kepada rekan kerja baru karena fokus pada melindungi diri sendiri. Dan, Anda tidak bisa bekerja dengan baik jika terus memikirkan diri sendiri.

Tubuh Anda adalah cerminan pikiran Anda. Jadi, jika tubuh Anda tegang dan cemas, kemungkinan besar itu juga yang Anda rasakan.

Oleh karena itu, santai. Turunkan bahu Anda. Bernapaslah dengan normal. Dengarkan tubuh Anda, dan ketika Anda merasa tegang, lakukan tindakan sadar untuk melonggarkan dan bersantai.

2. Ingat Alasan Anda Bekerja di Sana

Suasana baru di tempat kerja yang besar bisa membuat Anda lupa mengapa Anda ada di sana. Semangat dan antusiasme awal bisa tergantikan oleh rasa takut dan khawatir.

Jadi, penting untuk mengingat alasan Anda berada di sana. Sejak awal, ingatlah bahwa Anda terpilih dari sekian banyak kandidat sebagai orang yang paling tepat untuk pekerjaan tersebut.

Perusahaan percaya pada Anda dan ingin Anda berhasil. Tugas mereka adalah membantu Anda berkembang dalam peran tersebut.

Kedua, ingatkan diri Anda mengapa Anda antusias mendapatkan pekerjaan ini. Apakah karena tugas yang akan Anda lakukan, kesempatan untuk berkembang, nilai yang dapat Anda berikan, atau perbedaan yang dapat Anda buat? Fokuslah pada hal-hal tersebut.

3. Percayai Prosesnya

Dalam setiap peran baru, ada tekanan untuk segera berprestasi, entah itu menemukan solusi terbaik, memberikan jawaban yang tepat, atau membuat orang lain terkesan.

Namun, hal terpenting yang perlu diingat dalam pekerjaan apa pun adalah Anda tidak perlu memiliki semua jawaban. Faktanya, berpura-pura tahu segalanya justru membuat Anda terlihat sombong dan arogan.

Tidak ada yang mengharapkan Anda mengetahui segalanya. Dan ketika Anda dihadapkan pada sesuatu yang tidak Anda ketahui, terkadang hal yang berani dilakukan adalah memberi tahu orang lain bahwa Anda masih mempelajarinya dan akan memberi tahu mereka jawabannya nanti.

Kemudian, percayalah pada diri sendiri untuk menggunakan semua kemampuan yang Anda miliki untuk melangkah selangkah demi selangkah.

4. Lihat Mereka Sebagai Manusia Juga


Bagian dari ketakutan memulai pekerjaan baru adalah membandingkan diri Anda dengan orang lain dan berpikir bahwa semua orang di sekitar Anda lebih baik; bahwa mereka lebih tahu, lebih bisa melakukan banyak hal, atau lebih mampu.

Padahal, itu hanya pikiran Anda yang mengada-ada. Semua orang di sekitar Anda tidak sempurna. Setiap orang memiliki kelebihan, kekurangan, kemenangan, kekalahan, sejarah, dan potensi mereka sendiri.

Membandingkan diri Anda dengan orang lain dan secara otomatis menganggap mereka lebih baik hanya akan membuat Anda merasa kecil dan takut.

Kenyataannya, kita semua adalah manusia, dan kita semua pernah berada di pekerjaan baru sebelumnya. Jadi, lain kali Anda merasa ragu-ragu untuk berinteraksi dengan rekan kerja baru karena Anda pikir mereka lebih baik dari Anda, tersenyumlah dan ingatlah bahwa kita semua berada di perahu yang sama.

5. Biasakan dengan Kebiasaan Baru

Hal baru memang menakutkan. Itu wajar. Jika tidak menakutkan, itu berarti Anda telah melakukan semuanya sebelumnya atau hanya mengikuti apa yang sudah orang lain lakukan. Dan itu tidak terdengar menyenangkan, bukan?

Otak Anda akan sangat aktif ketika berada dalam situasi baru yang hasilnya tidak pasti. Jadi, rasa takut yang Anda rasakan saat memulai pekerjaan baru hanyalah otak Anda yang melakukan fungsinya. Masalah sebenarnya adalah menganggap rasa takut dan cemas sebagai masalah. Padahal, itu normal.

Ketika bagian diri Anda yang takut dengan hal baru mulai berteriak, beri diri Anda ruang untuk jeda. Yakinkan diri bahwa Anda telah sejauh ini, katakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak akan mati, dan terus maju melewati rasa takut itu. Percayalah, seiring waktu, ini pun akan berlalu. _red


image by freepik

Post a Comment for " 5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Pekerjaan Yang Baru"